"Belajar Itu Indah"

  1. Hidupkan komputer dan login sebagai root
  2. Sebelumnya kita harus mengetahui bahwa apa-apa saja paket yang harus diinstall pada mail server. Adapun paket-paket tersebut yaitu:

– postfix – courier-imap

– squirrelmail – courier-pop

  1. Setelah kita mengetahui paket yang akan diinstall dalam mail server maka kita mulai penginstallan paket. Dimulai dari postfix, untuk menginstall paket pada postfix dapat menggunakan perintah ( apt-get install postfix), masukkan CD 9 pada postfix configuration> Ok> pilih local only> mailname? Masukkan mail.ica.com> setelah itu pada append domain to simple addresses >yes >tambahkan ica.com dengan menggunakan tanda koma sebelumnya sebagai tanda> where should mail for root go > none > Enter
  2. Setelah paket postfix selesai di install maka kita menginstall paket selanjutnya yaitu squirrelmail dengan menggunakan perintah yang sama hanya nama paketnya saja yang berbeda ( apt-get install squirrelmail). Masukkan Cd 8 > Cd 2(binary 2)> Cd 9 > pada configuring > pilih apache> tunggu beberapa akan tampil perintah do you want to run the apache config script now y/N> pilih y> enter> Save these change to the configuration files ? Y/n> pilih Y > restart apache now Y/N> pilih Y lagi kemudian Enter
  3. Setelah paket squirrelmail selesai di install maka kita dapat menginstall paket berikutnya yaitu courier-imap dan courier-pop. Kita dapat menginstall paket tersebut dengan cara bersamaan dengan menggunakan perintah (apt-get install courier-imap courier-pop) , masukkan Cd 8 untuk penginstallan paket pada courier-base > pilih ok. Tunggu sampai proses penginstallan selesai.
  4. Setelah semua penginstallan paket selesai maka kita harus mengkonfigurasi apa-apa saja yang harus dikonfigurasi agar mail server dapat digunakan.
  5. Untuk konfigurasi pertama masuk file main.cf yang terdapat pada postfix dengan menggunakan perintah ( vi /etc/postfix/main.cf)

Yang perlu ditambahkan/diedit:

  1. myhostname = mail.ica.com
  2. mydomain = ica.com
  3. mynetworks = 192.168.10.0/24 127.0.0.0/8
  4. home_mailbox = Maildir/ ( agar user yang kita tambah tersimpan directory Maildir)
  5. #mailbox_command = procmail -a “$EXTENSION” (diberi tanda “#”)
  6. MAILBOX_SIZE_LIMIT = 0 ( dihapus)
  7. inet_interface = all

  1. setelah pengkonfigurasian selesai jangan lupa disimpan dengan menggunakan perintah (wq!)
  2. kemudian kita membuat directory Maidir/ yang terdapat pada konfigurasi sebelumnya. Dengan menggunakan perintah (cd /etc/skel) kemudian ketikkan perintah (maildirmake Maildir/) untuk membuat directory tersebut. Setelah itu buat user untuk mail minimal 2 dengan menggunakan perintah (adduser satu(nama user)) enter > masukkan password (1)>ulangi password(1)> pada keterangan untuk mengisi data lengkap kosongkan saja pada pilihan y/n > pilih y. begitu juga untuk user yang kedua . dengan menggunakan perintah (adduser dua(nama user)) enter > masukkan password (1)>ulangi password(1)> pada keterangan untuk mengisi data lengkap kosongkan saja pada pilihan y/n > pilih y.
  3. setelah selesai maka jangan lupa untuk menservice postfix dengan menggunakan perintah (/etc/init.d/postfix restart) jika tidak ada pesan error berarti postfix sudah berhasil.
  4. Setelah pengkonfigurasian postfix selesai maka langkah selanjutnya pengkonfigurasian pada squirrelmail. Dengan masuk ke file config.php dan apache.conf. untuk langkah pertama kita masuk ke file config.php dengan menggunakan perintah ( vi /etc/squirrelmail/config.php).

Yang perlu ditambah/diedit:

  1. $domain = ‘ica.com’;
  2. $imap_server_type = ‘courier’;( default cyrus diubah dengan courier)

Setelah selesai jangan lupa di simpan dengan menggunaka perintah (wq!)

  1. kemudian masuk ke file apache.conf dengan menggunakan perintah ( vi /etc/squirrelmail/apache.conf).

Yang perlu ditambah/diedit:

#Alias/squrrelmail/usr/share/squirrelmail (ditambah dengan tanda “#”)

<VirtualHost 192.168.10.220>

ServerAdmin webmaster@ica.com

DocumentRoot /usr/share/squirrelmail

ServerName mail.ica.com

</VirtualHost>

  1. setelah selesai simpan dengan menggunakan perintah (wq!).
  2. kemudian restart kembali postfix (/etc/init.d/postfix restart)
  3. kemudian restart apache, karena apache berhubungan dengan maillnya (/etc/init.d/apache restart)
  4. untuk mengetes apakah mail sudah bisa digunakan atau tidak dapat menggunakan perintah (w3m mail.ica.com) jika sudah berhasil maka akan tampil menu login dan kita dapat login dengan menggunakan user satu yang telah dibuat. Maka mail sudah dapat di gunakan apabila sudah login. Namun pada saat login terjadi error, maka ulangi lagi memasukkan password. Jika sudah berhasil ada pilihan left atau right.kemudian kita pilih right pakah mail benar-benar sudah dapat digunakan. Setelah itu pilih menu compose untuk mengirim pesan contoh : “testing” untuk bisa mengirim tekan tombol F2, kemudian Y lihat kode dimana kita akan menyimpan pesan yang kita buat > CTRL + t. setelah itu logout.dari user yang satu dan masuk lagi keuser dua apabila tampilan user yang kedua sama seperti yang pertama pilih right > maka akan tampil pesan yang dikirim oleh user pertama > untuk membalas pesan dari user pertama dapat memilih pilihan replay> setelah itu isi tulisan yang diinginkan misalnya “testing berhasil”> F2 > Y >CTRL + t. jika sudah selesai mengirim logout dan kemudian masuk keuser pertama jika balasan tersebut sudah diterima berarti mail server benar-benar sudah dapat digunakan

Pengetesan pada client

1. Hidupkan komputer client

2. Pastikan jaringan client sudah terhubung keserver kita menggunakan kabel Cross

3. pengaturan IP dapat menggunakan IP static ataupun Dinamic(apabila pada server telah di install dan dikonfigurasi DHCP nya)>dengan cara memilih menu control panel>network and internet connections> network connections>klik kanan pada LAN > properties> internet protocol (TCP/IP)> properties> obtain an IP address automatically>obtain DNS server address automatically>ok( cara menggunakan IP Dinamic) atau dapat juga menggunakan cara menggunakan IP static>dengan cara memilih menu control panel>network and internet connections> network connections>klik kanan pada LAN > properties> internet protocol (TCP/IP)> properties> use the following IP address ( masukkan IP address yang diberikan ke client)>use the following DNS server addres (masukkan IP DNS)>ok

4. setelah diatur IP nya maka dapat mengetes dengan menggunakan menu run dengan menekan tombol pada keyboard yaitu windows + r setelah tampil ketikkan cmd> ketikkan ipconfig /all jika telah terhubung ke server maka semua domain serta IP yang terdapat pada server akan tampil dan IP server dapat di ping dengan menggunakan perintah Ping 192.168.10.220 (IP server)

5. kemudian pada start menu pilih internet explorer. Setelah aplikasi terbuka. maka masukkan alamat mail kita yaitu mail.ica.com jika berhasil maka akan tampil menu login.

6. kemudian login dengan menggunakan user yang telah dibuat pada server misalnya: login : satu dan password (1) jika berhasil maka akan tampil menu-menu mail. Dan pada saat kita tes diserver pesan yang kita tulis akan tampil pada user satu tersebut dan mail sudah berhasil. Untuk mengetes kembali dapat memilih menu compose.kemudian isi To( tujuan kemana akan kita kirim) misalnya : dua. Subject(terserah) kemudian isi lah text yang kita inginkan setelah itu pilih send. Kemudian logout . setelah itu masuk kembali dengan menggunakan user : dua dan password (1) apabila pada tampilan ada pesan masuk maka sudah berhasil untuk membalas pilih pesan yang baru masuk tadi klik pada tulisan (terserah) pilih reply> tulis apa yang ingin kita tulis kemudian send > kemudian logout kembali> login dengan user satu> apabila pada user satu ada balasan pesan artinya mail kita berhasil.

Comments on: "Instalasi Dan Konfigurasi Mail Server Pada Linux Debian Woody" (4)

  1. thx ya infonya…
    sangat membantu..

  2. maaf sya mau tanya saya sudah menjalankan semua perintah sesuai dengan yang di atas tpi knapa pas di browes tdak muncul tlong solusinya yaaa

  3. […] Instalasi Dan Konfigurasi Mail Server Pada Linux Debian Woody […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: