"Belajar Itu Indah"

gateway-internet

Di tutorial jaringan komputer kali ini akan dijelaskan proses installasi linux yang nantinya akan dijadikan sebagai gateway internet.

Btw, gateway itu sendiri memiliki definisi sebuah komputer yang melayani konversi protokol antara beberapa tipe yang berbeda dari suatu network atau program aplikasi. Sebagai contoh, sebuah gateway dapat meng-convert sebuah paket TCP/IP menjadi paket NetWare IPX atau dari Apple Talk menjadi DECnet, dan lain-lain. ( Andino-Kamus TI – Ilmukomputer.com )

Gateway inilah yang nantinya akan menghubungkan jaringan local dalam hal ini LAN dengan jaringan public yaitu internet.

Sebagai catatan dalam percobaan ini penulis menggunakan Redhat Linux 9, dan Fedora Core 4. Menggunakan koneksi ADSL speedy dengan IP Static ( penulis pun bingung, karena baru pertama kali ini penulis diberikan koneksi ADSL speedy dengan IP Static.. Ini nyata.)

Sistem Quota ala Speedy dengan Squish

sudah berapa lama nih gak ketemu. maaf lagi saya mencoba mencicipi layanan speedy personal, dan nggak kerasa, baru sekitar 10 hari, bandwithnya sudah overquota, lebih 7 mB kalo nggak salah. Padahal penulis sendiri waktu itu hanya diberikan jatah 1 GB perbulannya. Wekzz !! Maklum penulis termasuk orang yang rakus dalam pemakaian bandwith. Download download … !!! Terpaksa merogok kocek saku sang mahasiswa yang notebenenya selalu bokek

Tapi berhubung sakunya bolong mau bagaimana lagi, terpaksa pemakaian internet di rumah di cabut.

Kali ini penulis mencoba untuk menjelaskan sebuah system quota ala speedy, dengan pembatasan berdasarkan waktu dan kapasitas pemakaian tentunya.

Kita ambil contoh : user A di berikan batas waktu pemakaian 5 jam, dan 20 MB perharinya. Walaupun sebelum 5 jam kapasitasnya sudah full maka sang user terpaksa menunggu hari berikutnya untuk bisa kembali bermain. Istilah kerennya yakni Squished


sumber : http://www.networkandgame.890m.com/

Comments on: "Tutorial Jaringan Komputer (2)" (2)

  1. numpang lewaaattt???

  2. […] Tutorial Jaringan Komputer (2) […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: