"Belajar Itu Indah"

Jasakom

Sejarah Singkat

Jasakom adalah web publishing division didirikan pada bulan Agustus 2000 sebagai media untuk memberikan pengertian dan kesadaran akan security di internet dan keamanan network. Perkembangan pesat Jasakom yang secara tidak langsung didukung oleh media-media (Detik.com, @ha, Tempo, Chip, Akademia, MetroTV, Kompas, berbagai milist dan web site serta mesin pencari) menempatkan Jasakom sebagai salah satu kelompok Hacker di Indonesia seperti Antihackerlink, Hackerlink, Kecoak Elektronik, Indohacker, Indosniffing, dll sebenarnya tidaklah tepat. Jasakom telah memulai bisnis sejak awal, tidak seperti halnya kelompok-kelompok lain yang tidak melakukannya karena alasan etika hacker, hal ini karena Jasakom tidak menempatkan dirinya sebagai pesaing kelompok Hacker lain tapi sebagai suatu media layanan informasi atas keamanan Internet dan network.

Sebelum berdirinya Jasakom, para pendiri telah memberikan service resmi kepada pihak-pihak yang memerlukannya berupa konsultasi keamanan internet, network assessment atas nama personal dan atas dasar kepercayaan. Beberapa dari orang ini kemudian bersatu dan mendirikan Jasakom.

Perkembangan selanjutnya dimana Jasakom dianggap sebagai suatu tempat berkumpulnya para hacker Indonesia tidaklah dapat di pungkiri bahwa juga terdapat banyak administrator yang saling berbagi informasi dan pengetahuan yang akhirnya melahirkan sesuatu yang menguntungkan untuk semua orang. Penggunaan informasi di Jasakom oleh para Hacker tidaklah dapat di kendalikan karena informasi yang disediakan diibaratkan pisau bermata dua. Di satu sisi, akan digunakan oleh hacker untuk membobol sistem orang lain dan dilain pihak digunakan pula oleh Administrator jaringan dan web untuk mengamankan network mereka. Informasi yang disediakan adalah bebas bagi siapa saja yang bersedia memberikan sumbangan tentang IT dan security yang terkait dengan perkembangan baik di Indonesia maupun di Dunia.

Komunitas Jasakom

Komunitas Jasakom adalah sekelompok pemerhati masalah keamanan internet dan informasi di Indonesia. Salah satu komunitas terbesar yang ada sampai saat ini yang bermukim dibawah naungan para pakar keamanan komputer seperti S’to, Dani Firmansyah, Onno W. Purbo, Donny B.U (detikinet), Alfons Tanujaya (Vaksin). Komunitas Jasakom berkumpul di milis milik Yahoo dengan nama Jasakom-Perjuangan.

Sejarah Jasakom-Perjuangan

Nama Jasakom-Perjuangan merupakan nama ‘darurat’ yang diberikan S’to setelah mendapat komplain yang kemudian diselidiki oleh Yahoo, sesaat berikutnya dinyatakan bersalah karena topik yang dibicarakan. Ketika itu Indonesia sedang hangat-hangatnya membicarakan masalah politik, karena Indonesia sedang mengalami gejolak politik yang sangat hebat. Akhirnya (mengikuti suasana yang ada saat itu), S’to menambahkan kata ‘perjuangan’ terkait dengan perjuangan Jasakom dalam menghidupkan lagi komunitas yang ‘mati’ sementara tersebut.

Forum Jasakom

Awal mula tercetus pembuatan forum Jasakom terjadi karena diskusi antara Halakron, t0m, dan Kilurah di sebuah restoran Plasa Semanggi Jakarta. Ketika itu, kata ‘forum’ telah murni menjadi sebuah ide yang akan diimplementasikan. Sebelumnya bahasan tentang forum Jasakom hanya berakhir sebagai wacana. Forum Jasakom dibentuk dan diorganisir oleh beberapa moderator Jasakom, anggota yang berkontribusi dan S’to sendiri, berisi tentang hampir semua topik keamanan komputer dan internet baik bahasan di Indonesia maupun luar negeri. Forum Jasakom dapat diakses di alamat http://www.jasakom.com/forum/ Anda diminta registrasi untuk dapat melihat keseluruhan isi forum.

Jasakom Publishing

Jasakom telah menerbitkan setidaknya 25 buku kategori komputer (dengan jenis yang berbeda) dan 2 buku kategori umum serta 1 majalah khusus kategori hacking. Penerbitan Jasakom dimulai sekitar tahun 2003, pada bulan Juni 2004 Jasakom menerbitkan buku yang ditulis oleh S’to sendiri yang berjudul Seni Internet Hacking: Uncensored (SIH). Buku SIH merupakan buku kontroversi karena pada buku tersebut dipaparkan secara gamblang tehnik menembus Kuis Microsoft dan peristiwa mengenaskan situs KPU yang “diuji” mentalnya oleh anak negeri.

sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Jasakom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: