"Belajar Itu Indah"

Apa sih Hacker itu?

Istilah Hacker tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua yang sering berkecinpung didunia IT. Tulisan ini hanya sekedar memberikan sedikit penggambaran mengenai apa itu Hacker, dan apa benar Hacker yang kita anggap selama ini adalah Hacker yang benar-benar hacker menurut definisi aslinya ?

berikut adalah beberapa pengertian Hacker dari berbagai sumber :

  • Hacker adalah sebutan untuk mereka yang menggunakan keahliannya dalam hal komputer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan dalam sebuah sistem komputer ataupun dalam sebuah software. Hasil pekerjaan mereka biasanya dipublikasikan secara luas dengan harapan sistem atau software yang didapati memiliki kelemahan dalam hal keamanan dapat disempurnakan di masa yang akan datang. Sedangkan cracker memanfaatkan kelemahan-kelamahan pada sebuah sistem atau software untuk melakukan tindak kejahatan. (www.students.ukdw.ac.id)
  • Hacker yaitu mengacu pada seseorang yang punya minat besar untuk mempelajari sistem komputer secara detail dan bagaimana meningkatkan kapabilitasnya. Besarnya minat yang dimiliki seorang hacker dapat mendorongnya untik memiliki kemampuan penguasaan sistem yang diatas rata-rata kebanyakan pengguna. Jadi, hacker sebenarnya memiliki konotasi yang netral. (www.total.or.id)
  • Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak dan perangkat keras seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya , terutama keamanan. (www.id.wikipedia.org)

Nah…dari beberapa definisi diatas, saya pikir cukup jelas tentang definisi atau batasan-batasan mengenai apa itu hacker.

Dalam bahasa inggris Hacker berarti “Peretas”. Kata hacker sebenarnya muncul pertama kali dalam artian yang positif. Namun pada tahun 1983, istilah ini berubah menjadi negatif. Disebabkan karena Federal Buerau of Investigation (FBI) menangkap sebuah kelompok kriminal komputer yang bernama The 414s/Amerika Serikat.

Dan seterusnya sampai saat ini, istilah Hacker berkonotasi negatif, masyarakat banyak menyangka bahwa hackerlah yang melakukan tindak kejahatan yang menggunakan komputer sebagai medianya. padahal ada istilah tersendiri untuk pelaku seperti itu(cracker).
Istilah Hacker benar-benar mengalami banyak perubahan dari makna yang sebenarnya. Sehingga saat ini dikenal ada 2 jenis hacker, yaitu Hacker Topi putih dan Hacker Topi Hitam.

sumber :

http://arief-uin.blogspot.com/2009/01/apa-sih-itu-hacker.html

Comments on: "Apa sih Hacker itu?" (1)

  1. mbak tolong donk ajrin . . . pliss

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: