"Belajar Itu Indah"

Reaksi kimia

Reaksi kimia adalah suatu reaksi antar senyawa kimia atau unsur kimia yang melibatkan perubahan struktur dari molekul, yang umumnya berkaitan dengan pembentukan dan pemutusan ikatan kimia. Dalam suatu reaksi kimia terjadi proses ikatan kimia, di mana atom zat mula-mula (edukte) bereaksi menghasilkan hasil (produk). Berlangsungnya proses ini dapat memerlukan energi (reaksi endotermal) atau melepaskan energi (reaksi eksotermal).

Ciri-ciri reaksi kimia :

  • Terbentuknya endapan
  • Terbentuknya gas

cth : Mg + H2SO4 –> MgSO4 + H2

  • Terjadinya perubahan warna
  • Terjadinya perubahan suhu atau temperatur

Kecepatan Reaksi Ada beberapa hal yg mempengaruhi kecepatan reaksi antara lain :

1. Kecepatan Reaksi dipengaruhi oleh ukuran partikel/zat

Semakin luas permukaan zat maka seakin banyak tempat bersentuhan untuk berlangsungnya reaksi

Luas permukaan zat dapat dicapai dengan cara memperkecil ukuran zat tersebut

Contoh :

Kentang yang diiris tipis lebih cepat matang dibandingkan kentang yang berukuran besar

dan belum diiris tipis

2. Kecepatan Reaksi dipengaruhi oleh suhu atau temperatur

Suhu juga dapat  mempengaruhi kecepatan reaksi

Contoh:

Susu yang dilarutkan dgn air panas lebih cepat larut dibandingkan susu

yang dilarutkan dengan air dingin

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Reaksi_kimia

Comments on: "Reaksi kimia" (37)

  1. wah blog yang bermanfaat. terimakasih sudah mampir ke blog aku ya. salam kenal !

  2. alo prends

    bagus bgt blog na

    plzz visit my site

    http://jamelblog.wordpress.com

  3. met belajar y neng n smoga sukses slalu mendampingimu

  4. lightofheart said:

    reaksi kimia juga dipengaruhi tekanan
    dan juga Molar

  5. alo..blognya bagus..hehe..tp ga ngerti kimia..hehe

  6. blognya seru bisa nambah ilmu pengetahuan…trim’s udah mampir ke blog gw….gw juga banyak belajar dari blog ini …🙂

  7. wah artikel kimia, jadi inget sekolah…huh tadi abiz ulangan praktik kimia, volumetri…huuh untung dah rampung

  8. salam juga dari Korem 172/Praja Wirayakti
    selamat belajar semoga sukses ya
    demi kejayaan NKRI tercinta

    salam

  9. Wah jadi inget pelajaran di SMK dulu..

    Sekarang sudah tidak ada lagi pelajaran seperti itu, karena sekarang saya kuliah di bidang sosial…..

  10. Saam kenal juga mba.Terima kasih telah berkunjung ke aremainfo.wordpress.com

  11. wahhh pusing dah kalo udah mausk ke kimia…
    pusing bangetttt

    dulu pasti tidur kalo udah masuk pelajaran ini..

  12. bukan nya ada lagi tuh yg bisa mempercepat reaksi..
    *kalo gak salan* namanya CATALYST..
    bahan kimia yang mempercepat proses reaksi..
    bukan begitu?🙂

  13. numpang mampir neh

  14. bewegaleri said:

    kunjungan balik nih, dik. Jangan bosen y main ke “tempat” kaka.

  15. hhhmm pintarnya dirimu dek…hehehe ambil jurusan kimia ya?? wah wah.. bagus nih.. kakak jadi tau juga dikit2 tentang kimia..thanx ya…

    namanya ica ya?? hhhmmm mirip namaku..

    • he2. kakak bisa aja……..

      gak ah dek gak begitu pintar pelajaran kimia……….

      masak ia sih./… emang namanya kakak siapa??

      boleh taukan?? ^_^

  16. Saya bersyukur udah lulus TPB… jujur saya ga terlalu tertarik ama kimia n fisika… ^^

  17. kimia is fun🙂

  18. salam kenal mba:O

  19. hai..??mksh ya saol kimia na bgs bnget..tp w gag bs kimia.

  20. reaksi kimianya aq copy ya, ni mau buat tugas praktikum.

  21. Good banget bu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: